BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Reformasi di Indonesia telah terjadi sejak tahun 1999, sedangkan
reformasi di bidang pendidikan terjadi sejak tahun 2003 dengan ditandai
lahirnya UU No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dengan semangat
demokratisasi yang tinggi menjadi warna yang paling menonjol dalam proses
reformasi itu. Di sektor pendidikan demokratisasi utamanya ditandai dengan adanya
peran serta masyarakat yang diharapkan semakin besar, serta perubahan etika
birokrasi dan yang semula terpusat menjadi otonomi daerah (Fathoni.2005:1).
Perubahan
kebijakan pendidikan merupakan keinginan yang sangat relevan untuk menyembuhkan
krisis kehidupan. Namun krisis yang sudah komplikasi memerlukan pemikiran yang
komprehensif dan menyeluruh untuk mengatasinya. Terlebih saat ini krisis yang
terjadi terutama melekat dengan sekolah bukan suatu proses yang mudah.
Sekolah merupakan
organisasi sosial yang diselenggarakan dan dirancang sedemikian rupa yang
mengutamakan kegiatannya dalam bidang pendidikan untuk mencapai tujuan
pendidikan secara nasional. Untuk mencapai tujuan tersebut sekolah melaksanakan
fungsi-fungsi administrasi, manajemen dan kepemimpinan dan sebagaimana umumnya
organisasi formal (Mulyono.2008;87)
Dalam upaya meningkatkan mutu sekolah pemerintah
telah melakukan berbagai cara dalam pengembangan model sekolah yang baik, salah
satu implikasinya lahirlah model manajemen yang disebut Manajemen Berbasis
No comments:
Post a Comment