Saturday 19 January 2013

supervisi akademik

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Reformasi di Indonesia telah terjadi sejak tahun 1999, sedangkan reformasi di bidang pendidikan terjadi sejak tahun 2003 dengan ditandai lahirnya UU No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dengan semangat demokratisasi yang tinggi menjadi warna yang paling menonjol dalam proses reformasi itu. Di sektor pendidikan demokratisasi utamanya ditandai dengan adanya peran serta masyarakat yang diharapkan semakin besar, serta perubahan etika birokrasi dan yang semula terpusat menjadi otonomi daerah (Fathoni.2005:1).
Perubahan kebijakan pendidikan merupakan keinginan yang sangat relevan untuk menyembuhkan krisis kehidupan. Namun krisis yang sudah komplikasi memerlukan pemikiran yang komprehensif dan menyeluruh untuk mengatasinya. Terlebih saat ini krisis yang terjadi terutama melekat dengan sekolah bukan suatu proses yang mudah.
Sekolah merupakan organisasi sosial yang diselenggarakan dan dirancang sedemikian rupa yang mengutamakan kegiatannya dalam bidang pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan secara nasional. Untuk mencapai tujuan tersebut sekolah melaksanakan fungsi-fungsi administrasi, manajemen dan kepemimpinan dan sebagaimana umumnya organisasi formal (Mulyono.2008;87)
Dalam upaya meningkatkan mutu sekolah pemerintah telah melakukan berbagai cara dalam pengembangan model sekolah yang baik, salah satu implikasinya lahirlah model manajemen yang disebut Manajemen Berbasis

No comments:

Post a Comment